Jelaskan Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli

Jelaskan bagaimana cara melakukan gerakan passing atas dalam permainan bola voli

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga bola besar yang dimainkan dalam bentuk tim. Olahraga ini berasal dari negara Amerika Serikat. Permainan bola voli bertujuan untuk melemparkan bola melewati net lawan dan mencegah bola yang dipukul oleh lawan jatuh di area kita. 

Dalam permainan bola voli, masing-masing tim terdiri atas dua orang sampai enam orang pemain. Permainan bola voli yang terdiri dari dua orang pemain merupakan permainan bola voli pantai. Permainan ini begitu digemari dan disukai oleh berbagai kalangan, baik kalangan muda atau tua.

Permainan ini lebih condong menggunakan tangan sebagai anggota tubuh yang digunakan ketika bermain. Selain memerlukan kekuatan fisik, permainan juga dimainkan berdasarkan kekompakan masing-masing tim.

Cara Melakukan Gerakan Passing Atas Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli terdapat banyak teknik yang digunakan ketika bermain, salah satunya adalah passing atas. Karena itu, penting untuk mengetahui teknik tersebut sebelum bermain agar bisa mencetak poin yang tinggi. Cara melakukan teknik passing atas permainan bola voli adalah sebagai berikut:

1. Awalan dalam Melakukan Gerakan Passing Atas

Pada passing atas, tubuh pemain agak condong ke depan atau merendah dan pandangan mata yang mengarah pada arah datangnya bola. Lalu, lutut berada dalam posisi agak ditekuk dan kedua kaki dibuka sampai selebar bahu. Pada posisi ini, berat badan pemain akan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.

2. Langkah Dasar Gerakan Passing Atas

Ketika bola mulai mendekati pemain, posisikan badan agar berada di bawah bola dan posisi lengan berada di depan badan pemain. Posisi kedua tangan diangkat sejajar dahi dan lengan agak ditekuk. Telapak tangan terbuka dan jari-jari merenggang membentuk seperti mangkuk.

Posisi jari-jari dibentuk seperti mangkuk agar memudahkan pemain dalam menerima bola dari lawan, serta memudahkan ketika akan mendorong bola voli pada lawan. Jika posisi jari-jari tangan dirapatkan, maka bentuk jari akan menjadi kaku sehingga menyulitkan pemain untuk mengirimkan bola pada lawan.

Saat bola sudah berada di atas badan dan sejajar dengan dahi, perkenaan bola menggunakan pangkal jari-jari tangan dan berikan sedikit dorongan pada bola. Saat gerakan ini, posisi kedua siku dan lutut kaki dalam kondisi lurus. Jari yang digunakan saat mendorong bola adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.

3. Akhiran dalam Melakukan Gerakan Passing Atas

Pada gerakan akhir, tumit sedikit diangkat dari lantai, serta pinggul dan lutut juga ikut naik. Kedua lengan dalam posisi lurus dan pandangan mengarah pada gerakan bola. Gerakan ini adalah dasar ketika melakukan gerakan mendorong bola.

Kesimpulan:

Jelaskan bagaimana cara melakukan gerakan passing atas dalam permainan bola voli yaitu:

  1. Awalan dalam melakukan gerakan passing atas.
  2. Langkah dasar gerakan passing atas.
  3. Akhiran dalam melakukan gerakan passing atas.

Pertanyaan Lain Mengenai Cara Melakukan Gerakan Passing Atas dalam Permainan Bola Voli

Berapa ukuran lapangan bola voli?

Lapangan bola voli berukuran sekitar 9 m x 18 m. Area servis dan area serang berada pada jarak 3 m di belakang garis lapangan dan garis tengah. Lapangan bola voli juga memiliki lebar garis lapangan sebesar 5 cm.

Siapa yang menciptakan permainan bola voli?

Permainan bola voli diciptakan oleh seorang guru pendidikan jasmani yang berasal dari Amerika Serikat, yaitu William G. Morgan pada tahun 1895. Beliau menciptakan permainan ini karena terinspirasi dari terciptanya permainan bola basket.

Kapan bola voli masuk ke Indonesia?

Permainan bola voli masuk ke Indonesia ketika masa penjajahan melalui orang-orang Belanda. Bola voli mulai dikenal luas ketika Indonesia akan merdeka dan permainan ini juga ikut dipertandingkan pada PON II tahun 1954. Setelah itu, permainan ini mulai digemari dan banyak klub voli mulai dibentuk dan bermunculan.