Bagaimana Cara Memperoleh Inspirasi Atau Ide Dalam Membuat Puisi

Bagaimana cara memperoleh inspirasi atau ide dalam membuat puisi

Puisi adalah sebuah karya sastra berupa susunan kalimat-kalimat yang indah dan tertata. Puisi bisa ditulis berdasarkan keadaan nyata seseorang atau bahkan bisa bersifat imajinatif, yaitu dari imajinasi penulis tersebut. 

Ada dua jenis puisi yang kita kenal, yaitu puisi lama dan puisi baru. Puisi lama adalah puisi di mana dalam penulisannya masih terikat oleh banyak aturan.  Misalnya banyak jumlah kata, jumlah baris per bait, dan lain sebagainya. Sedangkan puisi baru adalah puisi di mana penulis lebih bebas menulis idenya tanpa terikat aturan seperti puisi lama. 

Cara Memperoleh Inspirasi atau Ide dalam Membuat Kreasi Puisi

Saat menulis puisi, terkadang kita bingung mengenai apa yang ingin kita tulis. Pikiran kita melayang dan lama menemukan ide mengenai puisi yang akan kita tulis. Simak cara memperoleh ide dalam membuat puisi berikut ini:

Mengekspresikan Suasana Hati

Ide atau inspirasi bisa kita dapatkan di mana saja dan kapan saja. Suasana hati kita selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Hal tersebut dapat kita jadikan sebagai inspirasi dalam membuat puisi. 

Kita bisa menulis dan menuangkan suasana hati kita ke dalam sebuah tulisan. Misalnya, saat suasana hati kita sedang galau, marah, sedih, senang, dan lain sebagainya. Puisi mewakili perasaan penulisnya. 

Impian Masa Depan

Puisi juga dapat ditulis saat kita memikirkan mengenai impian dan harapan-harapan kita di masa depan. Harapan yang ingin kita capai kelak. Imajinasi kita mainkan untuk mendapatkan ide membuat puisi. Misalnya, impian mengenai kehidupan asmara di masa depan. 

Kenangan Masa Lalu

Menulis puisi juga dapat kita lakukan ketika mengenang masa lalu. Misalnya, pencapaian atau kekayaan di masa lalu dan kegagalan di masa silam. Serta ingatan tentang seseorang yang paling disayang atau dibenci pada masa lampau. 

Objek dan Lingkungan

Ide dan inspirasi juga bisa kita dapatkan melalui hal-hal yang ada di sekitar kita. Maka dari itu, untuk memperoleh idenya sekaligus refreshing, seorang penulis terkadang berjalan-jalan mengamati objek dan lingkungan sekitar. Objek tersebut bisa berupa benda hidup maupun mati, benda yang bergerak maupun diam. 

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik berupa lagu-lagu juga dapat menginspirasi kita dalam membuat puisi. Lirik yang terdapat dalam lagu sangat beragam, hal itu dapat menjadi sumber inspirasi kita. 

Apalagi, sekarang ini lagu ada banyak pilihan jenisnya serta mudah didengarkan di mana saja dan kapan saja. Bisa melalui radio, YouTube, aplikasi online, dan lain lain. 

Perbanyak Membaca Buku

Tidak hanya lirik lagu yang bisa menginspirasi, buku juga bisa menjadi inspirasi dalam membuat puisi. Tidak diragukan lagi, sumber inspirasi juga bisa kita dapatkan dari buku. Buku memiliki banyak tema yang beragam.

Pilihan dan ide untuk membuat puisi terbuka luas saat kita memperbanyak membaca buku. Buku dapat dengan mudah kita dapatkan, misalnya di toko buku terdekat atau di perpustakaan kota. 

Menonton Film 

Menonton sebuah film bisa memberikan ide dan inspirasi bagi penulis puisi. Film yang disajikan memiliki beragam genre. Kita bisa memilih genre film yang kita sukai Dan menontonnya.

Film disajikan dengan penuh imajinasi dan divisualisasikan dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Hal ini membuat film terlihat menarik, sehingga bisa dengan cepat memberikan ide atau inspirasi membuat puisi. 

Kesimpulan:

Cara memperoleh inspirasi atau ide dalam membuat puisi antara lain:

  1. Mengekspresikan suasana hati
  2. Impian masa depan
  3. Kenangan masa lalu
  4. Objek dan lingkungan
  5. Mendengarkan musik
  6. Perbanyak membaca buku
  7. Menonton film

Pertanyaan Terkait Cara Memperoleh Inspirasi atau Ide dalam Membuat Kreasi Puisi

Bagaimana cara memperoleh Inspirasi dan ide dalam membuat kreasi puisi?

Banyak cara untuk memperoleh Inspirasi dan ide dalam membuat  sebuah puisi yaitu mengekspresikan suasana hati, impian masa depan, kenangan masa lalu, objek dan lingkungan, mendengarkan musik, perbanyak membaca buku, dan menonton film.

Tuliskan langkah-langkah untuk membuat puisi!

Menentukan tema dan judul, menentukan kata kunci yang akan digunakan dalam berpuisi, pemilihan diksi yang tepat, pemilihan gaya bahasa, kemudian kembangkan imajinasi Anda sebebas mungkin tanpa ada tekanan. 

Sebutkan unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam berpuisi!

Unsur yang harus diperhatikan dalam berpuisi yaitu penghayatan, vokal serta penampilan. Penghayatan berarti paham akan semua alur puisi dan menjiwai isinya. Vokal maksudnya adalah pelafalan dalam berpuisi termasuk kejelasan ucapan, jeda dan kekuatan vokal. Penampilan yaitu berkaitan dengan teknik penyampaian puisi, latar yang digunakan, gerakan tubuh serta cara berpakaian.