Apakah Manfaat Meyakini Adanya Surga dan Neraka? 

Apakah manfaat meyakini adanya surga dan neraka

Surga dan neraka diciptakan oleh Allah SWT. Surga adalah suatu tempat yang super indah dan istimewa di alam akhirat. Surga adalah balasan untuk makhluk Allah yang melakukan segala kebajikan, beriman dan bertaqwa.

Sedangkan neraka digambarkan dengan tempat yang super panas dan penuh siksaan. Neraka dikhususkan untuk makhluk yang penuh dosa yang selalu mengerjakan kebaikan dan kebatilan. 

Sebagai seorang muslim kita wajib meyakini adanya surga dan neraka. Lantas apa manfaat yang bisa kita dapatkan saat meyakini surga dan neraka? Simak ulasan berikut ini!

Manfaat Meyakini Adanya Surga dan Neraka

Surga dan neraka adalah tempat di akhirat yang kekal sebagai wujud pembalasan atas perbuatan manusia di dunia. Kita wajib meyakini adanya surga dan neraka karena hal tersebut memiliki banyak manfaat.  Berikut manfaat meyakini adanya surga dan neraka :

Pengingat Tujuan Hidup

Meyakini surga dan neraka merupakan sebuah alarm agar kita selalu berjalan pada jalan yang Allah ridhoi. Mengingat dan menyadari bahwa perbuatan sekecil apapun akan dibalas di hari akhir. Pengingat tujuan manusia diciptakan di dunia adalah untuk beribadah dan bertaqwa serta menjauhi segala laranganNya. 

Motivasi Keimanan

Meyakini adanya surga dan neraka senantiasa mengingatkan kita bahwa kelak akan ada pembalasan di hari akhir. Bersabar saat dihina dan dicaci maki serta tidak membalas adalah hal yang sulit dilakukan. Namun, jika kita mengingat surga Allah, kita akan termotivasi berjuang untuk lebih bersabar menghadapi berbagai cobaan.  

Meningkatkan Semangat Ibadah

Adanya surga dan neraka membuat manusia semakin bersemangat untuk beribadah dan berbuat  baik. Mereka lebih gencar beribadah serta berlomba-lomba dalam keimanan agar masuk surga. Manusia tidak pantang menyerah dan terus maju sekalipun banyak ujian datang menghadangnya. Manusia percaya surga adalah tempat terbaik sebagai balasan. 

Takut Berbuat Dosa

Dengan meyakini adanya surga dan neraka tentu manusia lebih berhati-hati dalam berbuat. Mereka tahu bahwa neraka adalah tempat bernaung orang penuh dosa dan siksaannya amat pedih. Karena tidak ingin disiksa dalam panasnya bara api, maka manusia takut berbuat kejahatan. Manusia meninggalkan dosa dan memilih mencari pahala agar tidak dimasukkan dalam neraka. 

Kesimpulan:

Apa manfaat meyakini adanya surga dan neraka?

  1. Pengingat tujuan hidup
  2. Motivasi keimanan
  3. Meningkatkan semangat ibadah
  4. Takut berbuat dosa

Pertanyaan Terkait Meyakini Adanya Surga dan Neraka

Mengapa kita harus mempercayai adanya surga dan neraka?

Dengan meyakini keberadaan surga dan neraka, maka hidup menjadi lebih terarah. Manusia mengetahui bahwa sejatinya dunia hanyalah tempat singgah sementara, surga dan neraka adalah tempat bernaung yang kekal dan abadi. Menyadarkan diri betapa pentingnya menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. 

Apa hukum mempercayai adanya surga dan neraka ?

Jika seseorang mengimani Al Quran, maka seseorang tersebut juga harus meyakini adanya surga dan neraka. Mengimani surga dan neraka termasuk mengimani hari akhir yang tercantum dalam rukun iman. Hukum mempercayai adanya surga dan neraka adalah kewajiban atau keharusan bagi seorang Muslim.

Berikan contoh perilaku mempercayai adanya surga dan neraka?

Jika meyakini adanya surga dan neraka, Maka manusia akan lebih berhati-hati dalam bersikap dan berperilaku. Selalu berbuat kebaikan dan menghindari kebathilan. Manusia akan beribadah, beriman, serta bertaqwa menginginkan balasan terbaik yaitu surga.

Manusia juga enggan berbuat dosa, karena mengingat siksaan neraka amat pedih. Manusia menimbun amal untuk bekal kelak saat hari perhitungan di akhirat.