Jelaskan Peristiwa Yang Terjadi Pada Manusia Setelah Dibangkitkan Dari Kubur

Kematian adalah peristiwa di mana ruh keluar dari jasad manusia. Setiap makhluk hidup di muka bumi pasti mengalami kematian. Kematian bagaikan sebuah misteri, karena tak ada seorang pun yang tahu kapan kematian akan datang menjemput.

Roh manusia yang sudah meninggal akan ditempatkan di alam barzah. Alam barzah akan menjadi tempat persinggahan sementara sampai hari kebangkitan manusia dari kubur tiba. Hari kebangkitan itu kelak akan terjadi pada saat kiamat.

Ketika kiamat tiba, seluruh manusia yang akan dibangkitkan, dikumpulkan di satu tempat yang bernama padang mahsyar. Di sana segala amal perbuatan manusia selama di dunia akan diperhitungkan dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai dengan amal perbuatannya masing-masing.

Peristiwa yang Terjadi Pada Manusia Setelah Dibangkitkan dari Kubur

Ada banyak peristiwa yang akan dialami manusia usai dibangkitkan dari alam kubur. Berikut ini tahapan-tahapan peristiwa yang akan terjadi, antara lain:

Yaumul Barzah

Yaumul barzah atau alam barzah adalah masa penantian manusia di alam kubur setelah meninggal dunia. Di alam ini manusia akan ditanyai tentang amal perbuatannya selama di dunia. Alam barzah seperti sekat pembatas antara alam dunia dan alam akhirat.

Yaumul Ba’ats

Yaumul Ba’ats adalah hari dibangkitkannya manusia dan setelahnya akan diarahkan menuju padang mahsyar. Seluruh manusia akan dibangkitkan tanpa terkecuali, mulai dari zaman Nabi Adam hingga manusia terakhir di muka bumi. Tahapan ini terjadi ketika sangkakala kedua ditiupkan oleh malaikat Israfil.

Yaumul Mahsyar

Yaumul Mahsyar adalah hari manusia dikumpulkan di padang mahsyar. Manusia akan menerima catatan amalnya dan menunggu untuk diadili. Manusia kemudian akan diminta untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya masing-masing selama hidup.

Yaumul Hisab

Yaumul Hisab adalah hari diperhitungkannya segala amal perbuatan baik dan buruk umat manusia. Hasil dari perhitungan tersebut nantinya yang akan menentukan ke mana tujuan selanjutnya manusia, yaitu surga dan neraka.

Yaumul Mizan

Yaumul Mizan adalah hari penimbangan amal perbuatan manusia. Seluruh manusia akan menerima keadilan atas perbuatannya. Apabila timbangan amalan baik lebih berat maka manusia akan dimasukkan ke dalam surga, sedangkan apabila timbangan amalan buruk yang lebih berat maka manusia akan mendapatkan siksa neraka.

Yaumul Jaza

Yaumul Jaza adalah hari pembalasan. Manusia akan menerima balasan atas amal perbuatannya dan setiap balasan yang didapat tergantung dengan apa yang sudah diperbuat selama hidup di dunia. 

Surga dan Neraka

Tempat manusia tinggal setelah kematian adalah surga dan neraka. Surga adalah tempat bagi mereka yang beramal saleh selama hidupnya, sedangkan neraka adalah tempat bagi manusia yang melakukan amalan buruk.

Kesimpulan

Peristiwa apa saja yang terjadi pada manusia setelah dibangkitkan dari kubur?

  1. Yaumul barzah
  2. Yaumul ba’ats
  3. Yaumul mahsyar
  4. Yaumul hisab
  5. Yaumul mizan
  6. Yaumul jaza
  7. Surga dan neraka

Pertanyaan Lain Terkait Peristiwa yang Terjadi Pada Manusia Setelah Dibangkitkan dari Kubur

Apa yang dimaksud dengan kiamat?

Kiamat atau hari akhir adalah peristiwa maha dahsyat hancurnya alam semesta dan isinya, serta seluruh makhluk yang hidup di dalamnya. Dengan kata lain, peristiwa kiamat adalah hari dimusnahkannya semua kehidupan dan terjadi apabila malaikat Israfil meniupkan sangkakala.

Mengapa manusia menganggap kematian sebagai hal yang menakutkan?

Kematian adalah hal yang tak terelakkan dari takdir manusia. Menjadi hal yang tidak diketahui oleh manusia,  membuat manusia merasa takut apabila ajal akan segera menjemput. Terlebih bagi mereka yang merasa belum cukup melakukan kebaikan di dunia.

Bekal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi kematian?

Sebaik-baiknya bekal yang dipersiapkan adalah amal sholeh, senantiasa menjalankan apa yang Allah SWT. perintahkan dan menjauhi larangannya, memperbaiki amal kebaikan, meningkatkan iman dan taqwa, serta senantiasa mengintropeksi diri.

Apakah peristiwa setelah dibangkitkannya manusia dari alam kubur perlu diyakini?

Kita perlu mengimani dan meyakini segala peristiwa yang terjadi setelah manusia dibangkitkan dari alam kubur. Peristiwa tersebut juga termasuk ke dalam rukun iman yang kelima dan wajib untuk diyakini oleh umat Islam.