Apa Keuntungan Penerapan E-budgeting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Apa keuntungan penerapan e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan

Sistem e-budgeting adalah sistem yang digunakan untuk menyusun anggaran secara digital atau elektronik. Sistem ini berisikan data keuangan yang bisa diakses oleh publik dan mendapatkan pengawasan dari publik. Tujuan digunakannya sistem ini adalah sebagai upaya transparansi terhadap anggaran pada publik serta menjaga data lebih akurat.

Selain keuntungan, sistem ini juga memberikan kerugian pada beberapa aspek. Kerugian tersebut berupa terjadinya serangan virus dan diretasnya sistem oleh oknum tak bertanggung jawab. Apabila hal ini terjadi, maka data yang bersifat rahasia bisa bocor atau hilangnya data secara permanen pada sistem.

Tentunya, peretasan sistem hanya akan terjadi jika keamanan sistem lemah dan adanya kontaminasi virus ketika mengunduh data.  Untuk menjaga keamanan data, sistem memerlukan web developer serta menggunakan anti-virus dan mencadangkan data.

Keuntungan Penerapan E-Budgeting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Sistem dari e-budgeting memberikan banyak keuntungan dalam berbagai aspek bagi pemerintahan apabila diterapkan. Salah satu keuntungan dari sistem ini adalah memberikan kemudahan dalam menyusun data-data dan laporan keuangan. Keuntungan lain dari sistem e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah Penyusunan RKA

RKA atau rencana kerja dan anggaran adalah dokumen terkait perencanaan anggaran keuangan yang berisi rencana belanja program, rencana biaya untuk kegiatan perangkat daerah atau lembaga daerah, dan rencana pembiayaan untuk tahun-tahun berikutnya.

Dengan e-budgeting, tim bisa menyusun RKA dengan lebih mudah dan dapat dikoreksi oleh sistem apabila anggaran yang dialokasikan kurang atau melebihi daripada anggaran yang sudah disusun sebelumnya. 

2. Meningkatkan Transparansi Pada Publik

Dengan adanya sistem e-budgeting, publik diberikan kesempatan untuk mengetahui kegiatan keuangan pemerintah dan bisa mengawasi secara langsung kegiatan tersebut. Publik bisa mengetahui adanya hal mencurigakan dan bisa segera melaporkan hal tersebut untuk ditindak lanjuti.

Adanya sistem e-budgeting dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan dari publik kepada para pejabat publik untuk dapat menjalankan tugas tanpa adanya tindak penyelewengan dana.

3. Mempermudah Proses Evaluasi

Sebelum menggunakan sistem e-budgeting, proses evaluasi memakan waktu lama karena harus menunggu laporan keuangan dikumpulkan. Dengan sistem e-budgeting, proses evaluasi semakin mudah dan cepat, karena kinerja dari setiap departemen bisa dipantau melalui sistem e-budgeting. Selain itu, proses evaluasi juga lebih akurat dibandingkan dengan sistem manual.

4. Mencegah Terjadinya Tindak Korupsi

Sebelum adanya sistem e-budgeting, oknum-oknum dapat melakukan penggelapan dana dengan cara memanipulasi data. Tentunya, publik tidak dapat mengetahui hal tersebut karena tidak adanya transparansi terkait kegiatan keuangan.

Sistem e-budgeting memberikan keuntungan dengan data keuangan yang tidak bisa dimanipulasi sehingga para oknum tidak memiliki kesempatan lagi untuk melakukan tindak korupsi. 

Kesimpulan:

Apa keuntungan penerapan e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan yaitu:

  1. Mempermudah penyusunan RKA.
  2. Meningkatkan transparansi pada publik.
  3. Mempermudah proses evaluasi.
  4. Mencegah terjadinya tindak korupsi.

Pertanyaan Lain Terkait Keuntungan dari Penerapan E-Budgeting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Bagaimana dampak penerapan E-Budgeting terkait masalah korupsi?

Dengan ada E-Budgeting maka meningkatkan transparansi keuangan pemerintah. Publik bisa melihat serta mengawasi bagaimana jalannya sistem keuangan di negara ini. Anggaran akan semakin ketat dalam pembuatan dan penggunaannya, sehingga celah korupsi pun akan sulit dilakukan. 

Apakah sistem e-budgeting memiliki kekurangan?

Setiap sistem pastinya memiliki kekurangan, termasuk e-budgeting. Kekurangan yang dimiliki oleh sistem e-budgeting sendiri adalah bisa diretas jika pengamanan sistem tersebut lemah. Sistem ini memerlukan seorang web developer yang handal untuk menjaga keamanan isi data di dalam sistem tersebut. Jika sistem sampai diretas, maka informasi yang bersifat rahasia bisa berpotensi bocor dan hilangnya data secara permanen pada sistem.

Selain itu, virus pada sistem adalah ancaman yang membahayakan. Efek dari virus adalah dapat merusak sistem serta menghilangkan data dan laporan di dalam sistem. Cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi virus adalah dengan menggunakan anti-virus dan memiliki data cadangan apabila data pada sistem hilang.

Apakah sistem e-budgeting perlu diterapkan pada seluruh sektor pemerintahan?

Apabila sistem e-budgeting diterapkan pada seluruh sektor pemerintahan, maka pemerintah dapat meminimalisir adanya tindak korupsi oleh para pejabat publik atau oknum lainnya. Sistem ini mendapatkan pengawasan langsung oleh publik, sehingga para koruptor kehilangan kesempatan untuk memanipulasi data anggaran pada data. Dengan berkurangnya ruang gerak para koruptor untuk melakukan penyelewengan dana, maka tingkat korupsi akan menurun.