Apa Keuntungan MEA Bagi Indonesia dan Negara-Negara ASEAN Lainnya

MEA atau masyarakat ekonomi ASEAN adalah sebuah pasar perdagangan bebas yang disepakati pada KTT ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia. MEA dapat juga disebut sebagai pasar tunggal yang membantu suatu negara untuk menjual produk mereka dengan negara lain dalam skala Asia Tenggara.

MEA menjadikan wilayah ASEAN sebagai wilayah perdagangan bebas yang menyediakan berbagai kegiatan dan kebutuhan ekonomi, mulai dari penyediaan jasa, modal dan investasi, serta produksi barang.

MEA dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian dan mengembangkan pembangunan secara merata. Tujuan ini dilakukan untuk menghadapi persaingan dengan negara lain dalam hal ekonomi. ASEAN berkeinginan untuk masuk dan berkontribusi dalam kompetisi ekonomi, serta ikut berintegrasi terhadap persaingan dengan negara lain.

Keuntungan MEA bagi Indonesia dan Negara ASEAN

Dibentuknya MEA tentunya menguntungkan setiap negara di ASEAN, termasuk Indonesia. Keuntungan adanya MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN lainnya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Aktivitas Ekspor

Aktivitas ekspor dipermudah dengan adanya MEA. MEA memudahkan bidang ekspor barang karena tidak perlu terhambat pengirimannya oleh bea cukai dan barang akan sampai lebih cepat. Sektor perkebunan dan perikanan sangat diuntungkan dari hal ini karena kesegaran dari produk dapat terjamin.

2. Laba Negara Yang Bertambah Besar

Ekspor yang semakin mudah berkat MEA menyebabkan peningkatan terhadap kenaikan jumlah ekspor. Hal ini memberikan keuntungan berupa laba negara yang meningkat besar. Ekspor berperan penting dalam bertambahnya laba negara.

3. Investasi Antar Negara Yang Meningkat Pesat

Investasi adalah hal penting bagi pertumbuhan ekonomi dan perusahaan. Berkat MEA, investasi antar negara semakin mudah. Hal ini membuat perusahan, mulai dari perusahaan kecil sampai menengah mampu mendapatkan penanaman modal atau investasi dari negara lain.

4. Menstabilkan Perekonomian Negara

Masyarakat akan semakin kreatif dan inovatif seiring dengan semakin mudahnya  arus perdagangan secara internasional dan daya saing yang semakin besar. Berkat hal ini, ekonomi negara akan tetap stabil meskipun adanya persaingan yang ketat.

5. Mengembangkan Industri Kreatif

Dengan adanya MEA, persaingan dalam industri kreatif semakin ketat. Industri kreatif menjadi salah satu industri yang terus dikembangkan oleh semua negara. Karena itu, setiap negara berusaha untuk menciptakan produk yang kreatif dan inovatif dengan kualitas yang unggul untuk dipasarkan di pasar internasional.

6. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

MEA juga menciptakan terbukanya lapangan pekerjaan lebih luas terhadap masyarakat. Dampak positif ini mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Kesimpulan:

Keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya yaitu:

  1. Meningkatkan aktivitas ekspor.
  2. Laba negara yang bertambah besar.
  3. Investasi antar negara yang meningkat pesat.
  4. Menstabilkan perekonomian negara.
  5. Mengembangkan industri kreatif.
  6. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pertanyaan Lain Terkait Keuntungan MEA bagi Indonesia dan Negara-Negara ASEAN Lainnya

Apa saja tujuan dari MEA?

Tujuan dari MEA adalah menjadikan kawasan Asia Tenggara makmur dan sejahtera dalam bidang ekonomi, meningkatkan pendapatan dan laba negara, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan terbukanya lapangan pekerjaan, menarik minat para investor asing untuk perusahaan, menyediakan strategi efisien terkait dengan pembiayaan perdagangan, memudahkan aktivitas ekspor barang ke negara lain, meningkatkan infrastruktur untuk pembangunan, menciptakan dan mengembangan industri kreatif, serta memperbaiki kebijakan terhadap perekonomian.

Apa latar belakang dibentuknya MEA oleh ASEAN?

MEA dibentuk ketika KTT ASEAN berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 1997. MEA dibentuk atas kesepakatan untuk menciptakan kemakmuran dan kemajuan bagi negara di ASEAN. Dengan bantuan dari MEA, negara di kawasan ASEAN diharapkan mampu untuk menstabilkan perekonomian negara dan masyarakatnya, serta mampu bersaing dalam hal ekonomi dengan negara lain.

Bagaimana cara MEA untuk membentuk kawasan ASEAN dengan perekonomian yang kuat?

Cara MEA untuk membentuk kawasan ASEAN dengan perekonomian kuat dilandaskan oleh 4 pilar, yaitu berfokus pada basis pasar dan produksi tunggal, menjadikan kawasan yang berdaya saing tinggi atau kompetitif, menciptakan perekonomian dan pembangunan yang merata, serta berintegrasi terhadap persaingan ekonomi dengan negara lain.